Saturday, April 14, 2012

BISNIS FRANCHISE


hi Andry…
kebetulan saya memiliki 2 franchise/waralaba yang masih jalan, dan pernah punya 2 lainnya yang sekarang udah selesai.
saya share bagaimana saya “melihat” biz waralaba ini dari sudut saya sebagai INVESTOR..
Tujuan saya ber-biz waralaba adalah untuk mendapatkan “income”, tapi bukan membangun biz, bukan ikutan “sibuk”nya.
sesuai dengan “tujuan” tsb maka saya ber-investasi pada waralaba yang “peran” saya dalam biz tsb se-minim mungkin…,
- klo bisa waralaba “full operated by master franchise”,
- klo tidak bisa, pokoknya yang saya jangan disibukan oleh biz ini…
karena…
… udah invest, keluar uang…. koq ikutan sibuknya…. ini mah, pindah kerjaan dari kantor ke biz waralaba….
dengan strategy tsb, saya memperoleh “income”-nya (dan “track-record” perusahaan/PT yang saya bentuk untuk mengambil waralaba tsb), tapi saya ngak ikutan dalam “day-to-day”/operasional biz tsb.
dengan cara tsb….
>>> saat ini saya memiliki 5 sumber income, yaitu;
- 2 dari biz waralaba, Passive Income…
- 2 dari properti sewaan, Passive Income…
- 1 dari biz mining, Active Income…
…. akhirnya menjadi “Multiple Sources of Incomes”…
tentunya….
>>> dengan “tujuan” yang berbeda, cara nya pun berbeda, strategy nya pun berbeda…
untuk teman2 di berbagai milis…
cerita selanjut….
silahkan jalan2 ke website saya di bawah….
jika tertarik dengan tulisan2 saya, silahkan men-”DAFTAR”…
cerita lanjutan….
apa yang saya pelajari dari konsep “Cashflow Quadrant” Robert T.Kiyosaki….??
Cashflow Quadrant atau konsep E,S,B dan I….,
adalah mengenai “time management” atau bagaimana cara mengatur waktu kita.
ini adalah masalah MINDSET, bukan berapa capital yang kita miliki dan bukan masalah STATUS…
E = Employe.. pegawai
S = Self-employe… menjalankan usaha sendiri / wiraswasta
B = Biz owner… pemilik usaha / wirausaha
I = Investor… pemodal.
dalam hubungannya dengan INCOME…, maka
- kuadran E dan S adalah Active Income, karena untuk mendapatkan income tsb kita perlu meluangkan WAKTU kita.
- kuadran B dan I adalah Passive Income, karena untuk mendapatkan income tsb kita tidak perlu meluangkan WAKTU kita.
dengan memahami konsep “Cashflow Quadrant”, “Kuadran E,S,B dan I” atau konsep “time management”….
saya bisa memiliki BANYAK SUMBER INCOME…. atau “Multiple Sources of Incomes”.
kembali ke cerita waralaba di atas…..,
saya ber-INVESTASI (financial)…..
untuk mendapatkan INCOME yang tidak terbatas…
tidak dibatasi oleh jumlahnya dan tidak dibatasi oleh WAKTU.
tapi saya memiliki WAKTU yang terbatas…
dalam 1 hari saya hanya memiliki waktu 24 jam….
klo ACTIVE INCOME saya memakan waktu 8 jam sehari PLUS pergi-pulang-pergi untuk meng-upayakan INCOME tsb memakan 3-4 jam sehari…
MAKA dalam 1 hari… saya telah menggunakan 11-12 jam WAKTU saya… untuk 1 ( SATU ) sumber INCOME…
klo saya PERLU istirahat (atau tidur, rileks) selama 6 jam dalam sehari…. maka…
>>> WAKTU saya yang tersisa dalam sehari (24 jam)…. tinggal 6 jam lagi….
Nah… sekarang, dalam 24 jam dalam sehari….
saya memiliki 5 SUMBER INCOME…. yaitu 4 yang Passive Income dan 1 yang Active Income
bagaimana dengan anda…???
INCOME adalah uang masuk…, bukan “bekerja” atau kerja berat, kerja ringan, ngak kerja.
income adalah uang masuk.
Yuk kita KAYA rame2, yuk…..!!!
silahkan ikuti tulisan2 saya.
semoga bermanfaat.
— On Sun, 1/18/09, Indonesia-Young-Entrepreneurship@yahoogroups.com <Indonesia-Young-Entrepreneurship@yahoogroups.com> wrote:
From: “Andry” <andri.jaswin@ amtek.com. sg>
Date: Mon, 12 Jan 2009 13:43:17
To: <Indonesia-Young- Entrepreneurship @yahoogroups. com>
Subject: [IYE! Integrity] BISNIS FRANCHISE
Hallo IYE Member,
Mohon pencerahanya tentang BISNIS FRANCHISE.
Apa itu Franchise?
Klu kita beli satu franchise, apa yg kita dapat? Cuma merek atau gimana
sich?
Terima KAsih,
A N D R Y
QA. Asst. Engineer
PT. AMTEK ENGINEERING BATAM
Cammo Industrial Park, Jln. Let.Jend. Soeprapto Block E-1Batam Centre 29432,
Indonesia
‘ 62-(0778) 464698 Ext. 341 Ê 62-(0778) 464697 *
andri.jaswin@ amtek.com. sg
Website : http://www.amtek. com.sg

No comments:

Post a Comment