Sunday, March 4, 2012

Strategi Memikat SDM untuk UKM - Cara cari karyawan untuk Usaha kita


Bisnis Anda masih kecil, tidak keren ? kantor sangat sederhana dan bisnis proses masih perlu banyak penyempurnaan ? tapi Anda ingin bisa memperoleh karyawan yang bagus, loyal dan karyawan bekerja dengan semangat ? Bagaimana triknya ?
Itulah pertanyaan yang sering dikeluhkan oleh UKM. Tidak dipungkiri, sebagian besar UKM performa bisnisnya masih perlu banyak pembenahan.
Mulai dari kantor yang kurang representatif, misal di garasi atau masih menjadi satu dengan rumah ownernya. Performa kantor yang jauh dari profesional. Perlengkapan dan peralatan kantor yang masih banyak kekurangan. Kalaupun sudah menyewa ruko, kadang suasana ruang kerja masih perlu banyak sentuhan untuk lebih bisa tampil profesional dan nyaman untuk bekerja.
Lalu soal pembagian kerja, deskripsi kerja, yang kenyataannya sering tidak didefinisikan dengan jelas. Sering juga semua karyawan merangkap pekerjaan yang sama. Bicara SOP (Standard Operating Procedures), belum tentu pernah ada atau belum dibuat.
Masalah pelik juga soal gaji, tunjangan, bonus dan lainnya. UKM masih berat jika dipatok harus bisa memenuhi standar gaji UMK/UMP (Upah Minimum Kabupaten/Kota atau propinsi) yang setiap tahunnya naik.
Soal gaji sudah pasti ada hubungan erat dengan punishment and reward. Bagaimana bisa membikin ukuran-ukuran kerja untuk karyawan ? bagaimana sistem reward paling memungkinkan dan tepat untuk UKM ?
Maka, hadirlah dalam TDA Forum 9 Desember 2011 di TDA Center jam 16.00 s.d 21.00 selama kurang lebih 5 jam dibagi dalam 2 sesi.
Kami menampilkan pembicara Ibu Lita Mucharom pengelola www.SDM4UKM.com yang acapkali kita dengar kicauannya di twitter soal SDM untuk UKM dengan akun @litamucharom
3 Topik bahasan utamanya adalah :
Bagaimana agar UKM bisa memikat calon tenaga kerja dan bagaimana mempertahankannya ?
Bagaimana model perjanjian kerja, struktur gaji, bonus, tunjangan, dan lainnya yang paling memungkinkan bagi UKM ?
Bagaimana memberikan punishmen sesuai pembagian kerja dan bagaimana rewardnya ?
Sampai ketemu di TDA Forum Jumat 9 Desember 2011 di TDA Center.
Salam
Faif Yusuf
VP Business Re-education.
*source: tangandiatas.com

No comments:

Post a Comment