Monday, March 5, 2012

RESENSI BUKU: Cara Mudah bagi UKM Mendobrak Kebekuan Bisnis



Banyak buku bisnis yang beredar di Indonesia, masyarakat yang awampun disuguhi berbagai macam genre buku bisnis dari mulai buku bisnis yang bernuansa motivasi, aplikatif, bahkan ada buku bisnis yang dibuat dengan standarisasi internasional dengan membuat standarisasi yang berlaku di negara maju.

Namun sayangnya dahaga pada buku bisnis tersebut tidak mampu menjawab secara penuh apa yang diinginkan para entrepreneur terutama kalangan usaha kecil menengah. Ada yang beranggapan buku-buku tersebut hanya mampu mengakomodir kebutuhan para entrepreneur mapan, bahkan sebagian lagi menganggap buku bisnis yang ada hanya bersifat cerita motivasi spirit yang hanya berlaku bagi para pelaku bisnis pemula saja.

Karena itulah buku ini hadir menjawab semua permasalahan tersebut. Buku ini dibuat seproporsional mungkin dengan gaya penceritaan yang santai dan mudah dimengerti oleh banyak kalangan. Dalam buku kami terdapat lima bab yang akan membawa kita lebih dalam tentang pentingnya sebuah sistem. Dan bab-bab tersebut adalah sebagai berikut:
Bab satu berisi tentang bagaimana bisnis berjalan tanpa ada kita. Saat ini banyak pebisnis yang terjebak pada situasi bisnis yang menjebak mereka pada sebuah kondisi di mana mereka tidak mempunyai waktu untuk kehidupan mereka. Padahal hakikat bisnis sebenarnya adalah berjalan tanpa ada diri kita sendiri.

Oleh karena itu sangat penting untuk memahami sistem bisnis. Dalam bab ini pembaca akan disuguhi pengertian sistem sebenarnya. Tidak hanya itu dalam bab ini juga dijelaskan bahwa betapa pentingnya visi dalam bisnis, yang mungkin tidak terlalu diperhatikan oleh beberapa UKM. Di bab ini juga ada beberapa contoh sistem dan visi dari beberapa perusahaan yang sudah maju. Dan bab ini sebagai pembuka dari bab-bab selanjutnya.

Inti dari bab ini adalah bagaimana bisa mensistemkan perusahaan dengan baik. Dengan mencontohkan beberapa perusahaan yang sudah menggunakan sistem dengan pembaca diajak untuk melihat sistem bisnis sebenarnya. Bukan hanya sebuah teori atau pepesan kosong semata.

Tidak hanya itu, pada bab satu juga menceritakan betapa pentingnya visi dan misi dalam perusahaan yang kita jalankan. Visi dapat menentukan arah perusahaan kita akan bermuara pada sebuah target, sedangkan misi adalah muatan terkecil dari kegiatan-kegiatan untuk mencapai sebuah visi. Kombinasi keduanya dapat memaksimalkan kinerja perusahaan kita bila secara berkala kita dapat mengerjakannya dengan baik.

Bab dua berisi tentang bagaimana menyiapkan diri kita sebelum sistem berjalan. Ada beberapa hal-hal penting yang harus dilakukan oleh seorang entrepreneur sebelum bisnis berjalan dengan baik, kebanyakan dari pelaku UKM tidak menyiapkan dirinya secara maksimal ketika akan menjalankan bisnisnya, alhasil banyak kendala-kendala yang terjadi saat sistem bisnis berjalan.

Inilah yang coba kami bahas dan kami ungkap pada para UKM, tujuan Bab dua adalah sikap apa saja yang harus disiapkan sebelum mereka menyatu dengan sistem. Dengan konsep penggambaran dan beberapa contoh, kami mencoba mengungkap secara detail sikap yang harus dilakukan sebelum menyatu dalam sistem. Inti dari bab II adalah tentang persyaratan apa saja yang harus dipenuhi ketika seorang membuat sebuah sistem. Ada delapan hal yang harus kita penuhi dalam membuat sistem, dan hal-hal tersebut adalah sistem sesuai dengan ruang lingkup usaha, sistem mudah diterapkan dengan budaya kerja, sistem harus bisa menguntungkan perusahaan dan karyawan, sistem dapat mendisiplinkan pengikut sistem, sistem dapat digunakan dalam jangka waktu panjang, sistem sesuai dengan hierarki perusahaan, sistem memberi gambaran tentang batasan yang harus dilakukan karyawan, dan juga sistem yang baik tidak menggunakan standar ganda. Dengan kedelapan hal diatas diharapkan seorang pengusaha mampu menjalankan usahanya dengan baik, sesuai dengan caranya.

Pada bab dua kita tidak hanya berisi delapan syarat yang harus dipenuhi dalam berbisnis, bab dua juga memberi gambaran tentang hal-hal apa yang harus kita siapkan sebelum kita mensistemkan bisnis, yaitu konsekuen, menjadi pembelajar, keterbukaan menerima kritik, fokus pada pertumbuhan dan perkembangan bisnis tidak hanya fokus pada hasil, menyiapkan staf dan karyawan yang sesuai dengan kompetensinya, menjadi pemimpin bijaksana, membangun loyalitas karyawan, mempercayakan dan mendelegasikan setiap pekerjaan pada sistem yang berlaku, dan profesional.
Pada Bab tiga berisi tentang bagaimana memiliki tim bisnis yang tepat. Dalam setiap bisnis yang berhasil dan sukses memiliki tim yang kuat dan solid untuk mengembangkannya. Kebanyakan dari pengusaha UKM mengabaikan kekuatan tim dan lebih mengedepankan gaya manajemen semau gue, tanpa peran tim sama sekali.  Karena masalah inilah kami ingin membuka mata para pelaku UKM tentang arti penting UKM dalam bisnis mereka.

Bab empat berisi tentang apa saja yang harus disistemkan dalam bisnis. Dalam bab ini ada beberapa contoh SOP dari beberapa perusahaan dengan penjelasan, jadi para UKM bisa tahu apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah SOP. Apa saja yang dibutuhkan mari kita lihat satu persatu: Manusia, Operasional, Pemasaran, Keuangan, Distribusi, Informasi, dan Merek.

Bab lima berisi tentang keuangan secara sederhana, dengan beberapa cara mengelola keuangan, pelaku UKM dapat memaksimalkan sistem keuangannya dengan mereduksi beban-beban yang tidak penting. Apa saja yang dibahas dalam bab ini? Pertama buku ini membahas cara pandang baru dalam mengatur keuangan kita dengan konsep pandang stake holder. Kebanyakan cara pandang bisnis UKM hanya terpaku pada sistem manajemen keuangan semau gue. Sehingga untuk mencapai tahap yang lebih tinggi dan kompleks, mereka tidak mampu meng-handle-nya dengan baik. Nah pada bab ini kami memberikan pencerahan kepada mereka tentang arti penting mengelola keuangan pada usaha sendiri meski usaha yang dijalankan masih dalam ruang lingkup yang masih kecil.

Ada yang beranggapan buku-buku tersebut hanya mampu mengakomodir kebutuhan para entrepreneur mapan, bahkan sebagian lagi menganggap buku bisnis yang ada hanya bersifat cerita motivasi spirit yang hanya berlaku bagi para pelaku bisnis pemula saja. Karena itulah buku ini hadir menjawab semua permasalahan tersebut. Kami membuat buku ini seproporsional mungkin dengan gaya penceritaan yang santai dan mudah dimengerti oleh banyak kalangan.

Judul : Cara Mudah bagi UKM Mendobrak Kebekuan Bisnis
Penulis : Dewi Praptiwi dan Irawan Senda
Penerbit : Elex Media Komputindo
Terbit : Oktober 2010
Tebal : 228 Halaman
Dimensi : 14 x 21 cm
Harga : Rp. 46.800,-


Sumber artikel: gramediaonline.com, goodreads.com, dan redaksi
Sumber gambar: patriot-cahaya.blogspot.com


Dapatkan RESENSI BUKU lainnya di Portal Wirausaha Indonesia, silakan klik http://jpmi.or.id

No comments:

Post a Comment